Penjaga gerbang tol

Pagi itu aku berangkat dengan tergesa-gesa, suasana hatiku saat ini sedang kurang baik. Aku terlambat bangun akibat bergadang mengerjakan tugas kantor yang terpaksa kubawa pulang. Kulirik jam tanganku, aku yakin aku pasti terlambat masuk kerja. Kemacetan kota Jakarta pagi itu, bahkan dalam jalan tol sekalipun, menambah kelam hatiku yang sedang mendung. Dalam hati aku mengutuk para pemilik mobil yang tidak mau menggunakan transportasi umum, tanpa menyadari bahwa aku salah satunya.

Akhirnya sampai juga aku di gerbang tol Taman Mini, segera kubuka kaca jendela dan kuraih selembar uang sepuluh ribuan kepada bapak penjaga gerbang tol. “Pagi boss!” Suaranya terdengar bersemangat menyapaku ramah saat kusodorkan uang itu. Kutatap dia sejenak sambil menerima karcis tol berserta uang kembalian yang disodorkannya tanpa mampu merespon sapaannya. Sepertinya otakku masih terlalu pagi untuk mencerna kejadia yang baru saja kualami. Aku hanya mengangguk singkat, menutup kaca jendela lalu bergegas melanjutkan perjalananku.

Sepanjang perjalanan kata-katanya yang penuh semangat terus terngiang di telingaku. Tanpa sadar aku tersenyum seiring dengan warna hatiku yang berubah biru, secerah langit biru kota Jakarta pagi itu. Sebuah kalimat singkat yang diberikan bapak penjaga gerbang tol Taman Mini itu telah menyejukkan suasana hatiku.

Kini setiap kali melewati gerbang tol Taman Mini aku berharap bertemu dengannya lagi dan mendengar sapaannya yang penuh semangat, tapi tak pernah kutemui lagi bapak itu. Namun ada sedikit hal yang berubah dalam diriku, setiap menerima karcis tol kutambahkan kata “Terima kasih” kepada penjaga gerbang tol.

***

Sebuah cerpen yang kutulis berdasarkan sharing pendeta yang Minggu kemarin kotbah di gerejaku. Untuk mengubah dunia menjadi lebih baik harus dimulai dari 3M, mulai dari hal kecil, mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang. Dan itulah yang saat ini kulakukan =)

Leave a Reply

