On the way 2

Dalam perjalanan menuju ke tempat meeting, seperti biasa aku dan rekan kantorku dapat dipastikan selalu melewati jalan tol, ya iyalah di Jakarta jalan tol saja macet apalagi lewat jalan arteri. Kejadian kali ini mengenai rekanku yang berceletuk saat melewati gardu tol.

“Coba saja kalau pemerintah berinisiatif mempekerjakan orang difable. Kan orang-orany yang bertugas di gardu tol tidak perlu bergerak, berpindah tempat, hanya perlu duduk, menerima uang lalu menyodorkan tiket beserta uang kembalian,” ujar rekanku begitu kami melewati gardu tol.

Sebenarnya istilah difable (different ability people) dan disable (disability people)untuk menyebut penyandang cacat masih menjadi perdebatan, btw aku tidak berniat membahas mengenai kedua istilah itu, it’s up to you mau menggunakan istilah yang mana tapi aku lebih senang menggunakan istilah difable, menurutku lebih memanusiakan difable.

“McD sudah mempekerjakan orang bisu sebagai cleaning service,” lanjutnya, “Kan cleaning service tidak perlu berkata-kata, cukup tersenyum dan membersihkan ruangan. Mungkin tidak perlu seluruhnya orang difable, tapi bisa setengahnya. Kan bisa memberdayakan mereka juga.”

Sempat aku memikirkan perkataannya. Ada benarnya juga. Mengapa tidak terpikirkan kemungkinan itu. Selama ini yang terpikir adalah pekerjaan itu harus dikerjakan oleh orang yang dempurna secara fisik, tetapi bagaimana dengan orang difable, apakah mereka tidak layak mendapatkan pekerjaan karena perbedaan yang mereka miliki. Bukankah ada jenis-jenis pekerjaan yang seharusnya juga dapat dikerjakan oleh mereka, dengan keterbatasan dan kelebihan mereka. Bukankah semua manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, demikian juga dengan para difable.

Sedikit perenungan dan pemikiranku. Semoga apa yang aku bagikan ini dapat membuka mata pembaca juga mengenai keberadaan para difable dan semoga dapat membantu membuat sedikit perubahan bagi dunia kita, aku, kalian dan mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s