Baik atau buruk?

Banyak orang mengatakan hal ini baik dan hal itu buruk… Tetapi apa sebenarnya baik dan buruk itu? Definisi baik dan buruk menurut kamus besar bahasa Indonesia yaitu

 

 ba.ik

[a] elok; patut; teratur (apik, rapi, tidak ada celanya, dsb): karangan bunga itu — sekali; (2) a mujur; beruntung (tt nasib); menguntungkan (tt kedudukan dsb): nasibnya — sekali; mendapat kedudukan yg –; (3) a berguna; manjur (tt obat dsb): buku ini sangat — untuk dibaca; daun kumis kucing — untuk obat penyakit ginjal; (4) a tidak jahat (tt kelakuan, budi pekerti, keturunan, dsb); jujur: anak itu — budi pekertinya; (5) v sembuh; pulih (tt luka, barang yg rusak, dsb): sudah dua minggu dirawat di rumah sakit, ia belum — juga; lukanya sudah –; (6) a selamat (tidak kurang suatu apa): selama ini keadaan kami — saja; (7) a selayaknya; sepatutnya: kami diterima dng –; — orang ini kusuruh pulang sekarang; (8) p (untuk menyatakan) entah … entah …: — di kota maupun di desa, olahraga sepak bola digemari orang; (9) p ya (untuk menyatakan setuju): berangkatlah sekarang! — , Ayah; (10) n kebaikan; kebajikan: kita wajib berbuat — kpd semua orang

 

bu.ruk
[a] (1) rusak atau busuk krn sudah lama: memakai kain –; (2) (tt kelakuan dsb) jahat; tidak menyenangkan: kelakuannya sangat –; (3) tidak cantik, tidak elok, jelek (tt muka, rupa, dsb)

 

Sebenarnya apa definisi orang tentang sesuatu yang baik dan sesuatu yang buruk? Terlepas dari paham relativisme tentunya setiap orang memiliki pemahaman tentang apa yang baik dan apa yang buruk. Semua orang pasti setuju bahwa sehat, bahagia, sukses, kaya adalah hal yang baik, sedangkan sakit, peperangan, bencana, miskin adalah hal yang buruk.

 

Sebenarnya apakah yang menjadi standar tentang kebaikan atau keburukan suatu hal? Jika dilihat lebih dalam bukankah hal-hal yang menyenangkan diri sendiri dan sesuai dengan keinginan pribadi dianggap sebagai hal yang baik dan hal-hal yang merugikan diri sendiri dan tidak sesuai dengan keingingan pribadi adalah yang buruk bukan?

Jika demikian halnya maka yang menjadi standar suatu hal itu baik atau buruk adalah kepentingan pribadi.

 

Disadari atau tidak setiap orang selalu menjudge bahwa hal ini baik dan hal itu buruk meskipun ditambahkan embel-embel ‘ada rencana Tuhan dalam hal-hal tersebut… ‘

Bukankah Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu yang buruk? Segala sesuatu yang diciptakanNya baik adanya. Karena dosa maka manusia sendiri yang membuat segalanya menjadi rusak. Dengan memakan buah dari pohon pengetahuan tentang yan baik dan jahat maka dapat dipahami bahwa manusia mulai mengerti tentang apa yang baik dan buruk bagi dirinya sendiri, tidak lagi dalam konteks kesatuan hubungan manusia dengan Tuhan dan alam ciptaanNya.

 

Tidak salah memang menggunakan kata-kata tersebut, namun yang harus dipahami adalah semuanya baik, tidak ada hal buruk dalam kamus Tuhan, manusia sendirilah yang menciptakan kosakata tersebut sesuai dengan keinginannya. Dengan memandang bahwa Tuhan menjadikan segala sesuatunya baik, terlepas sesuai dengan keinginan pribadi atau tidak maka hal ini akan membuat manusia memandang Tuhan dengan pandangan positif namun sebaliknya, jika manusia sudah mendakwa bahwa apa yang terjadi itu buruk karena tidak sesuai dengan keinginannya maka mereka akan memandang Tuhan dengan cara pandang yang negatif. Dan dengan demikian sebenarnya manusia yang menjadi tuhan atas dirinya sendiri karena manusia menentukan apa yang baik dan buruk bagi mereka dan menghakimi Tuhan karena membiarkan sesuatu yang ‘baik’ dan ‘buruk’ terjadi…..

 

Well, poinnya adalah sebenarnya apa ukuran suatu hal itu dipandang ‘baik’ atau ‘buruk’? Apakah benar jika menguntungkan diri sendiri maka hal itu baik dan jika tidak menguntungkan diri sendiri maka dipandang sebagai hal yang buruk?

Semoga bisa membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mempertanyakan kebaikan Tuhan dalam hidup kita semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s