The opposite of ‘love’ is ‘use’…

The opposite of ‘love’ is ‘use’…

That’s my friend status on facebook…  Ketika kutanya mengapa bisa begitu, mengapa lawan dari cinta bukan benci, katanya bahwa lawan dari cinta adalah menggunakan, memanfaatkan. Jika seseorang membenci orang lain, itu artinya masih ada perasaan bagi orang tersebut. Make sense sih, jika kita tidak memiliki perasaan apa pun terhadap seseorang maka kita tidak akan mempedulikan orang itu, tidak mencintai maupun membenci. Kita tentu saja tidak sembarangan membenci orang. Jika kita tidak mengenal orang itu, bagaimana kita bisa membencinya. He have nothing to do with us, coz he is a stranger. Tetapi saat kita membenci seseorang, think about it again, mengapa hal itu bisa terjadi. Bisa jadi perasaan benci itu timbul karena orang itu tidak berbuat, bertindak atau menjadi seperti yang kita inginkan, sehingga kita menjadi terluka, kecewa dan membencinya. Well I used to do it. Selain itu perasaan benci masih bisa berubah kembali menjadi cinta tatkala ada sikap penerimaan dan memaafkan.

Namun ketika tidak ada perasaan apa pun, maka dengan mudah kita dapat menggunakan orang lain, memanfaatkan mereka untuk kepentingan kita. Dan kita tidak peduli akan apa yang menimpa mereka. It doesn’t matter for me. I have nothing with him. Hmmm… berpikir tentang hal itu, betapa mengerikannya saat ketiadaan perasaan membawa seseorang memanfaatkan orang lain.

Meskipun aku kurang mengerti poin dari memanfaatkan sebagai lawan dari cinta, tapi aku menarik kesimpulan bahwa lawan dari mencintai adalah saat orang tidak memiliki perasaan apa pun terhadap orang itu, tidak mempedulikan mereka. 

tumblr_lezwieLJCT1qbpwzeo1_500

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s