Justice

Tuhan, apakah keadilan itu?

Ada orang yang makan sampai sakit perut dan membuang-buang makanan

Namun ada juga yang tidak makan berhari-hari, mengais-ngais mencari sisa makanan yang dibuang

Apakah ini keadilan? Apakah yang seorang harus makan berlebihan lalu membuangnya agar dapat dimakan oleh yg lain? Mengapa tidak dengan rela membaginya saja?

 

Ada orang yang memiliki banyak mobil bermerk dan hanya dijadikan pajangan garasi

Namun ada juga yang tidak punya kendaraan dan harus berjalan kaki kesana kemari

Apakah ini juga keadilan? Saat yang seorang pergi kesana kemari naik mobil sementara banyak orang yang harus berjalan berkilo-kilo meter? Mengapa tidak memberikan tumpangan kepada yang lain?

 

Ada orang yang bekerja keras siang dan malam untuk menghidupi dirinya dan keluarganya

Namun ada juga yang mencari jalan pintas, merampok orang lain bahkan membunuh hanya demi beberapa rupiah tanpa berpikir bagaimana keluarga yang bergantung kepadanya

Apakah ini juga keadilan? Apakah mereka bekerja keras untuk diambil, dirampok oleh orang lain? Mengapa tidak bekerja bersama, bukankah pekerjaan yang dilakukan bersama akan lebih ringan dan hasilnya juga dapat dibagi?

 

Ada orang yang tertawa sementara ada juga yang menangis.

Apakah ini juga keadilan? Perlukah sesorang tertawa di atas tangisan orang lain?

 

Keadilan macam apakah ini? Apakah keadilan berpihak kepada mereka yang berkuasa, mampu dan punya segalanya, dan melupakan mereka yang tersingkir, terlantar dan tak dianggap?

Apakah mereka yang tersingkir harus benar-benar disingkirkan?

Ada yang mengatakan apa yang kamu tabur, itulah yang kamu tuai. Tapi pada realitanya banyak orang menuai dari apa yang tidak dia tabur. Sekali lagi, apakah ini yang namanya keadilan?

 

Ketika berpikir tentang keadilan dan bertanya kepada Tuhan, “Keadilan macam apa ini Tuhan?”

Dia hanya menjawab, “Keadilan yang penuh kasih.”

 

Ya, itulah keadilan Tuhan. Jalan Tuhan berbeda dengan jalan kita dan pikiranNya tak dapat dimengerti oleh manusia.

Keadilan yang ada dalam bayangan kita adalah apa yang kita pikir itu adil. Namun jika ditelaah lebih lanjut seharusnya yang dinamakan keadilan itu adalah ketika kita mendapatkan apa yang seharusnya kita dapatkan. Dan seharusnya manusia mendapatkan maut karena dosa.

 

Karena kasihNya maka kita masih beroleh anugerah hidup. Dan sekarang kita masih mau memprotes Sang Pemberi Hidup? Tidak salah memang untuk menanyakan segalah sesuatunya kepada Tuhan dan Dia pasti memberikan jawabannya. Dengan bertanya kita dapat lebih memahami jalan pikirannya.

 

Kembali pada keadilan, jika mau adil sehrusnya semua orang menerima hal yang sama. Tidak ada perbedaan dan diskriminasi. Itulah keadilan, sama rata sama rasa. Namun apakah hal itu benar-benar keadilan yang sesungguhnya? Bukankah tidak adil jika mereka yang berusaha keras untuk mendapatkan sesuatu mendapatkan bagian sama dengan mereka yang sama sekali tidak berusaha.

 

Lalu harus seperti apakah keadilan itu?

Keadilan yang sebenarnya hanya dapat diberikan oleh Sang Pemberi Keadilan. Keadilan yang penuh kasih. Keadilan yang mengampuni dosa dan kejahatan. Keadilan yang memberikan apa yang seharusnya tidak layak dan tidak pantas didapatkan oleh manusia.

 

Mungkin masih ada dalam piiran kita bagiamana dengan mereka yang mendapat dan merasa tidak diperlakukan dengan adil? Tidak perlu khawatir dan cemas. Ada Sang Hakim Adil yang senantiasa mengetahui dan menjaga kita dari segala ketidak adilan. Dan perlu diingat, Dia juga memberikan keadilan yang penuh kasih.

 

Bersyukurlah atas apa yang kamu dapatkan karena tidak semua orang seberuntung dirimu. Dan bagikanlah kasihNya kepada mereka yang kurang beruntung. Itulah keadilan  Tuhan, keadilan yang penuh kasih. Tidak memaksa, namun penuh kelemahlembutan. 

Tulisan yang kupublish di facebook ku dua tahun lalu… 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s