On the way to Banyuwangi

Banyuwangi, 18 Des 13

Hari ini aku belajar banyak dari seorang supir angkot. Well, ceritanya aku sedang dalam perjalanan dinas ke Banyuwangi. Ketika turun dari stasiun, seorang sopir angkot menghampiri, poin pertama yang kupelajari adalah dia menjemput penumpang. Mungkin itu hal yang kelihatannya sederhana, tapi itu merupakan bentuk dari usahanya. Sepanjang jalan sopir itu menghampiri pintu-pintu kedatangan pelabuhan di sepanjang jalan. Tak jarang dia turun untuk membujuk calon penumpangnya.

Hal itu cukup menarik bagiku. Kenapa? Karena tak sedikit orang yang tidak mau berusaha, mereka cenderung menunggu tapi tidak melakukan apa-apa untuk mewujudkan kehendaknya. Hehehe, itu salah satu koreksi bagi diriku juga sih.

Selanjutnya sopir itu bercerita singkat tentang dirinya saat kami menunggu di depan pelabuhan. “Hidup itu harus sabar,” katanya singkat tapi meninggalkan kesan yang mendalam. Apalagi kata-kata itu terlontar dari seorang yang hidupnya tidak bisa dikatakan nyaman menurut ukuran kacamataku. Kulirik tumpukan uang yang ada di dasbor mobilnya. Ada beberapa lembar 2000 dan 5000 an. Aku tak bisa membayangkan berapa penghasilannya setiap harinya. Apalagi Banyuwangi itu kecil, tak banyak orang yang menggunakan jasa angkutan umum.

Sekali lagi aku dikoreksi oleh perkataan yang keluar dari mulutnya. Aku bukanlah orang yang mudah bersabar. Tali kesabaranku itu sangat pendek, mungkin tak sampai semeter panjangnya. Saat meghadapi situasi dan kondisi yang tak menyenangkan, aku biasanya mengomel, menggerutu, bahkan marah-marah.

“Kita harus bersyukur,” sekali lagi ucapannya bagai menumpahkan bara di atas hatiku. Memang sih aku menuliskan ‘Bersyukur selalu…’ di atas kertas yang kutempel di kamarku, tapi pada prakteknya… Aku lebih banyak protes kepada Tuhan daripada mengucapkan terima kasih.

Hari ini aku belajar sedikit lagi pelajaran kehidupan yang kudapatkan di kota kecil Banyuwangi, jika masih bisa dikatakan kota =P

Leave a Reply

