@ Domino Pizza

Kali ini aku berniat menceritakan sedikit pengalamanku saat menikmati Pizza Domino, bukan bermaksud promosi sih, tapi memang aku kagum dengan konsep service yang mereka terapkan. Domino Pizza menerapkan konsep self service. Setelah memesan, pengunjung harus mengambil sendiri pesanannya di counter lalu membawanya ke meja yang tersedia, jika mereka berniat makan di tempat itu. Sama sekali tak ada waiter yang melayani kami. Mereka hanya berdiam di counter, sama sekali tak ada yang membersihkan meja atau memberi kami piring. Rasanya seperti dicuekin. Setelah selesai makan, kami pun wajib membersihkan makanan kami, termasuk juga mejayang kami pakai, dan membuang kotak-kotak pizza itu di tempat sampah yang telah disediakan, anyway tempat sampahnya besar juga sih.

Image

Well, aku cukup amaze dengan konsep itu. Paling tidak, konsep pelayanan mereka mengajarkan pengunjung untuk tidak hanya dilayani, tapi melayani diri sendiri dan bertanggung jawab terhadap makanannya. Biasanya kan orang yang datang ke restoran itu minta dilayani, dan setelah makan meninggalkan piring-piringnya di meja begitu saja.

Menurutku hal ini sebenarnya cukup simpel dan sederhana, tapi memiliki nilai pembelajaran yang dalam. Setidaknya buat aku, hal itu menampar aku, karena aku selalu memegang prinsip pembeli adalah raja =p

Leave a Reply

