Jakarta dan banjir

Jakarta banjir. Itulah headline news yang merajai saluran televisi hari-hari ini. Semua orang sudah tahu bahwa Jakarta selalu kebanjiran saat musim hujan. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi masalah banjir, mulai dari mengeruk sungai, membuat pintu-pintu air bahkan yang terakhir menggunakan rekayasa hujan. Tapi apa hasilnya? Nihil. Jakarta tetap saja banjir. Well, aku tidak berniat membahas mengenai banjir dan siapa yang harus bertanggung jawab. Menurutku sih itu semua tanggung jawab kita sebagai manusia. Ketika manusia tidak mengelola alam dengan baik maka yang didapatkannya dalah bencana. Hukum tabur tuai itu berlaku.

Hal yang menarik di sini adalah upaya dan usaha yang dilakukan untuk menaklukkan alam. Ketika memikirkan tentang usaha rekayasa hujan, yang menggunakan garam dan memakan biaya 28M; fantastis bukan, aku berpikir bahwa usaha itu sia-sia. Buktinya Jakarta tetap saja hujan dan kebanjiran. Hal ini membuktikan bahwa usaha manusia tidak mampu menaklukkan alam. Alam masih lebih berkuasa. Dia yang mengatur alam lebih berkuasa dari manusia.

Marilah kita berpikir sejenak. Bukankah dalam setiap segi kehidupan, manusia seakan-akan bertindak sebagai pengatur, penakluk, penguasa. Memang sih manusia diciptakan untuk menguasai dan mengolah alam, tapi bagaimana tindak tanduk manusia? Manusia bertindak seakan-akan menjadi Tuhan, dan lupa bahwa Tuhanlah yang maha mengatur. Perilaku manusia inilah yang membuat manusia kehilangan kesadaran akan tanggung jawabnya kepada Sang Pemilik alam ini. Manusia bukanlah pemilik alam, manusia hanya orang yang diberikan kesempatan untuk mengusahakan alam ini. Tapi kenyataannya kita sebagai manusia melupakan kodrat kita, sehingga pada akhirnya alam tidak lagi menjadi teman kita tapi malah menjadi musuh kita.

Itulah sekilas pemikiran yang berkelibat di otakku saat melihat tetes-tetes air yang menyerbu dalam perjalan pulang meeting. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s