Jeratan game online…

Well, beberapa hari ini aku tidak lagi mengisi blog ku karena aku sibuk berurusan dengan game online =D. Memainkan game online rasanya memang mengasyikkan, pada awalnya, tapi lama kelamaan aku jadi bosan juga sih. Hal yang aku soroti dari game online, dan barangkali game apa pun itu sifatnya yang menimbulkan addicted. Sekali memainkan game itu maka akan terus menerus ingin memainkannya. Padahal kalau dipikir-pikir apa sih yang sebenarnya dicari dari main game itu? Relaksasi? Santai? Hiburan? Well, mungkin beberapa alasan itu dapat terpenuhi tapi apakah benar hanya berhenti sebatas di situ saja? Yang ada kenyataannya adalah para pemain game tersebut semakin tertantang untuk bersaing dengan para pemain lainnya, dalam hal ini kasus game online, kan pemainnya banyak tuh, nggak cuma kita saja, tapi seluruh penjuru dunia juga ikut berpartisipasi.

Dalam rangka menjadi pemain terbaik itulah maka tak sedikit orang yang banyak menginvestaikan waktu bahkan ada juga yang menginvestasikan uangnya, istilahnya menjadi pemain VIP yang mendapatkan keuntungan-keuntungan lebih dalam memainkan game tersebut. Memang sih sistem permainan game itu dibuat sedemikian rupa sehingga ada orang yang sampai rela membayarkan sejumlah uang demi memenangkan game tersebut. Nah, dengan menginvestasikan waktu berarti game ini telah menduduki peringkat pertama dalam prioritas hidup kita. Aku bahkan rela mengurangi waktu tidurku hanya sekedar buat main game ini. Apakah benar demikian? Apakah game online ini telah membuat kita melupakan hal-hal penting dalam hidup kita, seperti study, pekerjaan bahkan meluangkan waktu untuk memperhatikan orang lain. bisa dibilang game online ini telah menjerat kita sedemikian kuat sehingga kita mau-mau saja mengikutinya. Bukankah demikian yang terjadi? Lalu hal selanjutnya yang muncul di kepalaku adalah sebenarnya siapa sih yang dimainkan dan siapa yang memainkan? Apakah benar yang memainkan game itu atau justru malah kita yang dimainkan oleh game itu? Menurutku, tanpa disadari sebenarnya kita telah menjadi objek dalam game itu, bukan subjek. Kita menjadi sasaran daily task, istilah untuk melakukan suatu hal dalam permainan itu demi mendapatkan exp dan meningkatkan level, dan bukankah kita harus mengikuti alur permainan yang telah disediakan tanpa bisa menciptakan alur sendiri, secara game itu sudah ada jalur ceritanya. Kalau sudah begitu siapa coba yang sebenarnya memainkan game itu, kurasa bukan aku sebagai player yang memainkan game itu, tapi pencipta game itulah yang memainkan orang-orang yang terikat atau mengikatkan dirinya dengan game itu.

Kembali lagi pada pertanyaan yang kuajukan, apa sih yang sebenarnya dicari melalui game online tersebut? Demi apakah para pemain game itu menginvestasikan waktu, uang bahkan pikiran mereka demi memainkan game itu? Well, aku sendiri belum mampu menjawab pertanyaan itu. Meskipun aku ikut main, tapi aku berhenti setelah beberapa hari memainkan game tersebut, soalnya I think it’s useless. Memang sih asyik tapi nggak ada ujungnya. Dan kupikir sama sekali nggak ada manfaatnya buat aku. Hanya membuang waktuku saja, untuk kasus game ini aku sama sekali tidak mau menginvestasikan uang, cukup waktu saja ha5…

Dengan dasar pemikiran itulah aku mencoba untuk tidak menempatkan game online sebagai prioritas pertama dalam hidupku. Main game sih boleh-boleh saja, tapi ketika permainan itu menjadi yang terutama dalam hidup kita, bahkan sampai menggeser kedudukan Tuhan, bukankah itu sudah tidak dapat dibenarkan lagi. Itu sih sedikit pemikiranku tentang game online.

Kurasa hal ini dapat juga diberlakukan untuk hal-hal lain yang memiliki karakter serupa, yaitu addicted, membuat kita melupakan prioritas hidup dan tidak memiliki tujuan yang jelas, alias sebenarnya nggak penting-penting amat dan tanpa hal tersebut toh kita masih dapat melanjutkan hidup dengan indahnya… =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s