Kelebihan dan kembalian…

Di mana ada kelebihan maka di situ ada kembalian…

Berikut adalah update status seorang teman. Sempat saya tertawa dalam hati saat membaca status tersebut. Rasanya aneh saja. Kalimat yang sering terdengar adalah ‘di mana ada kelebihan di situ ada kekurangan’. Meskipun apa yang dikemukakan teman saya itu itu tidak salah. Benar bukan, ketika kita membeli sebuah barang dan membayarnya dengan uang yang lebih maka kita akan mendapatkan kembalian. Kalaupun tidak diberi maka kita akan menuntut kembalian tersebut.

Kemudian saya berpikir, bukankah hal yang demikianlah yang juga dikehendaki Tuhan. Selama ini Tuhan menciptakan anda dan saya dengan segala kelebihan kita masing-masing. Lalu, untuk apa kita mempergunakan segala kelebihan yang disertakan Tuhan dalam hidup kita? Tentunya, Tuhan memberi kita segala kelebihan sehingga kita bisa menggunakan kelebihan itu untuk dikembalikan kepada Tuhan. Namun, sudahkah hal itu yang terjadi saat ini? Ataukah malah sebaliknya. Kita menganut paham yang wajar dipegang oleh mayoritas orang, seperti yang telah saya sebutkan di awal, di mana ada kelebihan di situ ada kekurangan, karena adanya keserakahan dan merasa tidak puas terhadap pemberian Tuhan sehingga alih-alih memanfaatkan kelebihan-kelebihan tersebut, yang kita lakukan justru iri hati terhadap kelebihan orang lain dan tidak mau menerima kelebihan diri sendiri. 

Hal ini mengingatkan saya tentang perumpamaan tentang talenta. Ketika Tuhan mempercayakan sesuatu kepada kita maka sudah seharusnya kita memanfaatkan kepercayaanNya tersebut dengan sebaik-baiknya. Dan sama seperti kita yang menuntut kembalian, tentunya Tuhan juga akan menuntut kembalian atas kelebihan-kelebihan yang dipercayakan kepada kita. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s