Kebebasan finansial???

Kali ini saya ingin menuliskan kembali mengenai ‘kebebasan finansial’. Saya tergelitik untuk membagikan sebuah konsep pola pikir tentang ‘kebebasan finansial’ yang saya baca dari tulisan seorang teman. Sedikit mengutip pendapatnya, jika yang disebut ‘kebebasan finansial’ itu berarti – logikanya – setelah memiliki banyak uang maka orang tersebut merasa tenang dan damai karena segala kebutuhan hidupnya terjamin, maka pada kenyataannya ada orang yang justru mengalami hal yang sebaliknya. Orang tersebut justru tidak mendapatkan ketenangan dalam hidupnya, dan malah semakin terpacu untuk terus menimbun kekayaan. Dan pada kenyataannya tidak sedikit orang yang mengalami kejadian tersebut dalam hidupnya.

Bercermin dari kenyataan tersebut, maka teman saya itu merumuskan sebuah konsep tentang ‘kebebasan finansial’ sebagai sebuah kondisi di mana kita ‘tidak diperhamba oleh uang’. Nice concept, I think and I’m totally agree. Saya sependapat dengan konsep tersebut karena menurut saya, pertama tak peduli seberapa banyaknya uang yang dimiliki seseorang, dia tetap membutuhkan uang itu untuk membiayai kebutuhan hidupnya sehari-hari, sehingga salah jika hal itu dikatakan sebagai kebebasan, karena realitanya kita tetap saja terikat dengan uangdan tidak bias membebaskan diri dari keterikatan tersebut, hanya saja kita lebih bebas menggunakan uang kita untuk memenuhi kebutuhan hidup kita, mulai dari kebutuhan hidup primer sampai yang sama sekali tidak penting, jika memang kebebasan seperti inilah yang disebut sebagai ‘kebebasan finansial’.

Yang kedua, ‘tidak diperhamba oleh uang’ menurut saya tidak berarti bahwa kita harus memiliki uang yang banyak. Tak masalah jika hanya ada beberapa lembar rupiah dalam dompet kita, namun kita tidak mendapati perasaan takut dan gelisah akan hari esok. Bahwa dengan sejumlah uang tersebut kita masih tetap dapat tersenyum dan tertawa, menikmati indahnya hidup ini. Menurut saya seperti itulah seharusnya ‘kebebasan finansial’ itu. Tidak lagi merasa terikat oleh uang, dan merasa senantiasa bahagia meskipun tidak memiliki banyak uang.

Semoga setidaknya beberapa kalimat saya ini bisa merubah pandangan anda yang terjebak oleh pesona uang…

Leave a Reply

