Suatu hari di toko

Di sela-sela kesibukanku sebagai pengacara – you know what I mean – ketika aku jaga toko, aku mendapati hal yang menarik, setidaknya menurutku. Kalau aku yang jaga toko, ketika ada pembeli datang, maka aku akan menyuruh mbak-mbak untuk melayani mereka. Aku cuma liatin aja, terus terima uang dan kasih kembalian, sedangkan mbak yang sibuk melayani pembeli. Tentunya keadaan itu akan berbeda ketika mamiku yang jaga toko. Tanpa menunggu mbak, mami segera turun tangan melayani pembeli. Bahkan ketika sudah dihandle oleh mbak pun, mami tetap ikut mendekat. Tak jarang ketika barang yang dicari tak ada, mami menjanjikan akan mengadakan barang tersebut dalam tempo beberapa hari. Satu hal lagi yang membedakan adalah aku sama sekali tidak mengerti barang-barang yang dijual, makanya aku tidak akan pernah bisa njualin orang. Pastinya beda dengan mami yang hampir tiap hari nyatetin stok barang
Berkaca pada pengalamanku, aku teringat pada debat capres beberapa waktu lalu, sebagai seorang calon pemimpin tentunya dia harus mampu menangani masalah dan mengetahui secara spesifik masalah yang dihadapi, jangan seperti aku yang cuma bisa nyuruh orang lain untuk maju sedangkan diri sendiri cuma nerima uang =p, tapi dia harus bisa tampil menyelesaikan masalah, mengenal seluruh jengkal negeri ini sehingga bisa memberikan solusi yang mengena, nggak cuma asal ngomong doang tapi nggak bisa menyelesaikan masalah. Kalo aku mah ya ngerti kalo ada orang dateng ya harus disambut, terus minta apa diambilin, lha tapi masalahnya apa yang dia minta, aku nggak ngerti barange e… pie jal mau ngasih apa yang diminta…
Itulah sekelebat opini yang numpang lewat hari ini… Salam cerdas memilih…

Leave a Reply

