Isi penak jamanku???

Bayu

Seorang teman memasang gambar seperti ini di kontak BB nya, dan hal ini menggelitik saya. Kalau gambar yang atas saya rasa sudah biasa dan lazim ditemui. Tapi gambar yang kedua yang terasa mengena. Bukan karena figur yang digunakan sedang hot, tapi karena kata-kata yang ditampilkan oleh figur tersebut. Mayoritas orang merasa masa lalunya lebih enak dan nyaman, kecuali jika orang itu memiliki masa lalu yang suram dan menghantui hidupnya. Bagi saya sendiri, saat ini saya merasa bahwa masa-masa kuliah dulu lebih menyenangkan daripada sekarang, dan ketika kuliah saya sering berbagi cerita, bernostalgia dengan teman-teman sekolah dulu dan kami sependapat bahwa masa-masa SMP-SMA lebih mengasyikkan daripada kehidupan kuliah saat itu.

Jika ditelusuri, ada kecenderungan di mana manusia merasa bahwa kehidupan saat ini dirasa sulit sehingga dengan melihat ke belakang dan melihat keberhasilan-keberhasilan dan pencapaian di masa lalu, hal itu dipandang lebih menyenangkan. Tapi perlu diingat bahwa pada saat itu, kita juga menghadapi kesulitan dan berhasil melewatinya. Saya percaya di kemudian hari kita akan mengatakan bahwa saat ini akan lebih menyenangkan tatkala kita berhadapan dengan kesulitan yang lebih besar. Sejatinya manusia akan terus bertumbuh dan masalah-masalah yang akan dihadapi di kemudian hari tentunya jauh lebih berat dan kompleks seiring dengan perkembangan kedewasaan kita.

Berhenti memandang masa lalu dan hadapi saat ini. Itulah yang dikatakan oleh gambar kedua. Saya rasa ada waktunya kita harus berhenti melihat ke belakang dan menghadapi apa yang ada di depan mata kita. Banyak orang tidak mampu menerima kenyataan dan terus mengeluh sehingga tidak dapat menikmati keindahan hidup yang ada sekarang. Terus menerus bernostalgia terasa menyenangkan tapi kenyataannya adalah kita hidup di masa sekarang. Seandainya pun kita bisa menghadirkan apa yang ada di masa lalu, tetap saja keadaannya akan berbeda karena kita sendiri sudah berbeda, kita bukan kita yang dulu.

Katakan tidak pada gambar yang pertama dan terus lanjutkan hidup anda, menghadapi perubahan demi perubahan yang menanti di depan mata kita…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s