Penghapusan agama dalam KTP

Beberapa hari lalu twitter saya sempat ramai membicarakan tentang penghapusan agama dalam KTP. Cukup menarik juga membaca twit para netizen, tentunya ada yang pro maupun kontra.  Pendapat saya secara pribadi, well menurut saya agama itu merupakan identitas seseorang. Jadi wajar saja kalau agama dicantumkan dalam KTP, bukankah fungsi KTP sebagai kartu identitas juga? Tapi hal yang tidak saya setujui adalah ketika agama yang tercantum dalam KTP digunakan sebagai alat diskriminasi oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan tertentu.

Apapun agamanya selama orang itu menganut salah satu dari sekian agama yang diakui oleh republik ini seharusnya tidak perlu dipermasalahkan. Yang kemudian menjadi masalah adalah adanya kepentingan-kepentingan sekelompok orang yang berbenturan dengan kelompok lain dan menggunakan agama sebagai salah satu alat untuk memuluskan kepentingan mereka. Saya rasa dari situlah asal muasalnya timbul wacana penghapusan agama dari KTP.

Saya analogikan jika sesoerang memiliki kepentingan untuk menjaga berat tubuhnya tetap terjaga apakah lantas dia membuang semua makanan dan mengharamkan semua makanan. Tentu tidak bukan. Orang itulah yang harus mengatur pola makanannya dan mengontrol dirinya agar tidak melanggar batas ketentuan berat badan yang diinginkan.

Demikian juga dengan wacana penghapusan agama dalam KTP. Bukan tulisan agamanya yang salah, tetapi pola pikir mayarakat yang perlu dibenahi. Saya masih ingat ketika saya masih kanak-kanak, saya tidak membedakan dengan siapa saya bermain. Saya tidak memandang apa agama anak tetangga yang saya ajak main setiap hari. Saya juga tidak mempermasalahkan apa suku teman-teman sekelas saya. Lingkunganlah yang telah membentuk manusia, mencemari pola pikir manusia dengan konten-konten negatif sehingga pola pikir yang murni berubah menjadi penuh prasangka dan pertikaian.

Jangan salahkan apa pun atau siapa pun, karena sesungguhnya manusia, kita sendirilah yang menyebabkan segala sesuatunya terjadi…

Leave a Reply

