On the way 8

Deras hujan yang turun mengingatkanku pada dirimu…

Jalan yang kita seberangi berlimpah air tergenang bak sungai…

Mengerikan jika melihat kondisi jalan di tengah hujan deras. Air mengalir deras ke jalan karena rumah di kanan kirinya tidak lagi memiliki tanah. Semua ditutup beton. Bahkan jalan-jalan setapak pun kini semua sudah dilapisi beton. Bagaimana air bisa meresap ke tanah kalau tidak ada tanah untuk meresap?

Di tengah kota sangat penting memiliki ruang terbuka hijau (RTH) yaitu tanah yang ditanami pohon untuk air dapat meresap. Di rumah-rumah yang ada sekarang semua lahannya sudah tertutup baik oleh paving maupun beton.  Ketika air tidak bisa meresap ke tanah maka dia akan mencari jalan untuk terus mengalir. Alhasil jalan menjadi tergenang. Air yang seharusnya masuk ke tanah dan mengalir ke sungai kini malah membanjiri jalanan dan membuat jalan menjadi sungai.

Sungguh ironis di musim hujan ketika saya melewati sungai Bengawan Solo, kaline malah asat (sungainya kering) sementara di jalanan banyak sekali genangan-genangan air. Seumur hidup sungai Bengawan Solo selalu mbludak (meluap) kalau musim hujan. Lha tapi ini??? Ke mana larinya semua air yang seharusnya masuk ke sungai? Makanya wajar saja jika rumah-rumah di pinggir jalan kebanjiran, bukan hanya yang di bantaran sungai saja. Kalau membaca, mendengar atau melihat banyaknya daerah yang kebanjiran, bisa-bisa kota-kota di Indonesia nanti seperti di Venice, Itali. Kalau ke mana-mana naik perahu soalnya semua sudah kelelep (tenggelam). Tidak ada lagi istilah menyeberang jalan, yang ada berenang nyeberang sungai. Bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan hal itu bisa terjadi, kalau semua permukaan bumi diplester.

Di lain kisah, saya jadi ingat pernah numpang mandi, bukan karena ada sumur di ladang tapi karena sumur di rumah kering saat musim kemarau. Menyedihkan. Musim kemarau kering tapi musim hujan banjir.

IMG20150116144909

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s