Me-layout nggak cuma asal ceplok…

Well, pelajaran yang kudapat selama libur semester kemarin adalah kuliah me-layout. Awalnya sih kupikir me-layout itu gampang, cuma taruh tulisan n gambar, ditata dikit n taraaa selesai J . Tapi ternyata nggak cuma berhenti sampai di situ. Pekerjaan layout pertama sukses ditolak mentah-mentah L. Di situ saya kadang merasa sedih.

Alhasil me-layout menjadi kuliah tambahan di libur semester. Beberapa poin yang aku dapetin dari kerja rodi me-layout buku yang nggak selesei-selesai juga sampai hari ini adalah :

  1. Desain halaman, misalnya pembagian jumlah kolom dan ukuran kolom serta bagian mana yang digunakan untuk kalimat dan mana yang untuk gambar harus diatur sedemikian rupa sehingga enak dilihat. Antara kalimat (tulisan) dan gambar juga sebaiknya diletakkan dalam kolom yang terpisah sehingga enak dilihat, nggak terkesan campur aduk nggak karu-karuan. Dalam hal ini keteraturan menjadi kunci keindahan.
  2. Gambar yang diletakkan di halaman itu pun harus diatur ukurannya, sesuai dengan modul kolom, dengan tujuan memaksimalkan space. Pemilihan gambar yang digunakan pun juga harus memiliki nilai estetika, nggak cuma foto sembarang ditaruh. Di sini gambar selain berfungsi untuk menerangkan data (tulisan) juga memiliki nilai estetika. Gambar juga dapat digunakan sebagai pembatas halaman atau mengisi ruang kosong yang tidak diisi oleh tulisan. Maka dari itu gambar yang ditampilkan idealnya juga memiliki konsep.
  3. Untuk tulisan sendiri juga harus diatur, sesuai modul yang telah ditetapkan. Tulisan diusahakan memenuhi modul kolom sehingga tidak ada space-space yang kosong dan terkesan bolong-bolong. Oleh karena itu jarak antar baris menjadi kunci dalam memadatkan tulisan. Namun perlu dicatat bahwa nilai estetik harus ada, mana modul kolom yang diisi tulisan dan mana yang dibiarkan kosong dengan tetap mengikuti desain layout. Teknik mengatur mana bagian yang dipenuhi tulisan dan mana bagian yang dibiarkan kosong menjadi salah satu kunci agar layout halaman enak dilihat. Nggak enak juga kan kalau buku isinya cuma tulisan full. Orang jadi males dulu lihatnya. O ya satu lagi penulisan judul bab harus unik dan menarik. Ya biar enak dilihat saja J.
  4. Penulisan keterangan gambar juga harus diperhatikan. Untuk keterangan gambar ada baiknya disediakan tempat tersendiri, terpisah dari badan tulisan. Tujuannya tentu saja menambah nilai estetika layout, dan memudahkan pembaca untuk menelisik gambar yang ditampilkan.

Well, intinya dalam me-layout sangat penting memperhatikan komposisi tulisan dan gambar. Salah satu cara untuk mempermudah pengaturan dan menampilkan keteraturan adalah dengan menggunakan bantuan modul kolom dan baris.

Berikut adalah contoh layout halaman yang belum didesain (kiri) dan telah mengalami revisi berkali-kali (kanan). Semoga bisa memberikan gambaran dan sedikit menambah wawasan…

#latepostpakebanget #promosibukuyangbelumterbit

Untitled-2

2 thoughts on “Me-layout nggak cuma asal ceplok…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s