Kenapa hidup penuh dengan pilihan sulit jika pada akhirnya semua akan mati?

Sebuah status dari seorang teman cukup membuatku berpikir sejenak. Is it true? Emang sih final destination dari kehidupan adalah kematian. Dan itu juga adalah satu-satunya hal yang pasti dalam hidup ini. Lantas, jika demikian bisa disimpulkan bahwa manusia itu dilahirkan untuk mati bukan?

I don’t think so. Pilihan-pilihan yang sulit itu justru dibuat agar manusia tetap bertahan hidup.  Pertama, orang yang tidak memilih sama artinya dengan orang mati. Bukankah orang mati tidak bisa memilih. Tidak bisa memilih akan dikubur dengan cara apa. Mungkin sewaktu hidup nya sih masih bisa memilih, tapi setelah mati tidak ada kesempatan untuk protes bila ternyata kehendaknya tidak dilaksanakan. Orang mati tidak punya pilihan selain pasrah mengikuti perlakuan orang yang masih hidup terhadap jasadnya. Sorry to say, jika anda hidup tapi hanya mengikuti keadaan alias hidup anda ditentukan oleh orang lain, apa bedanya dengan orang yang sudah mati?

Kedua, orang yang menjalani pilihan sulit sehingga bisa tetap eksis. Contohnya, Bung Karno dan para pahlawan. Mereka berjuang demi kemerdekaan dan masa depan bangsa. Bukankah itu pilihan yang sulit. Bisa saja mereka tidak perlu melakukan hal itu. Memang pada akhirnya mereka tetap mati, tetapi semangat mereka tetap hidup dalam jiwa bangsa ini. Contoh lain adalah penulis buku text book. Well, menelurkan buku yang berbobot tidaklah mudah, pasti penuh perjuangan dan waktu yang tidak sebentar, bisa bertahun-tahun. Tapi orang-orang itu mengabdikan dirinya untuk ilmu pengetahuan. Dan melalui tulisan-tulisannya mereka tetap menyapa para pembaca, membagikan ilmu kepada orang lain.

Setidaknya itulah pemikiranku mengenai status orang tersebut. anyway setiap orang terus dan selalu membuat pilihan dalam hidupnya. Pilihan apapun yang anda buat hendaknya membuat anda lebih hidup dengan mendayagunakan diri untuk sesama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s