Puasa itu?

Beberapa hari yang telah berlalu di bulan puasa diwarnai dengan berita tentang razia warung makan yang menghebohkan. Entah kenapa setiap tahun berita semacam itu selalu marak. Sebuah pertanyaan yang muncul di kepala saya adalah apakah puasa itu hanya sebatas tidak makan dan tidak minum? Bukankah banyak hal yang lebih dalam lagi daripada sekedar tidak makan dan tidak minum? Tetapi mengapa persoalan makan dan minum itu yang selalu disoroti, dalam artian mendapat porsi yang seakan-akan lebih besar.

Dalam pandangan saya puasa itu juga berarti mengutamakan orang lain lebih daripada diri sendiri, seperti halnya yang sering digembor-gemborkan di iklan-iklan TV. Memang dalam hal berpuasa saya masih perlu banyak belajar juga. Saya masih ingat pelajaran pertama puasa adalah memang sih tidak makan dan tidak minum, tetapi uang yang seharusnya untuk makan dan minum itu disisihkan untuk diberikan kepada orang lain. Kalau cuma tidak makan dan tidak minum mah itu namanya diet. Hal yang membedakan puasa daripada sekedar diet adalah pemaknaan. Bagaimana kita memaknai puasa kita? Apakah kita melakukannya dengan senang hati atau dengan penuh keterpaksaan? Jujur ketika puasa menjadi semacam keterpaksaan dan tidak ada sukacita saya memilih membatalkannya. Dan hal yang paling penting adalah dalam puasa itu apakah membawa kita semakin dekat dengan Sang Pencipta atau justru kita terlalu sibuk dengan ritual puasa tetapi tidak membuat kita semakin dekat dengan Nya?

Well, hal-hal itu sih yang terpikir olehku ketika membaca berita-berita negatif di bulan puasa ini. Semoga di bulan ini kita semakin menjadi pribadi yang lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s