bagaimana jadinya dunia tanpa…

Ketika menonton trailer film Bulan Terbelah di Langit Amerika, tulisan di trailer itu cukup menggelitikku. Bagaimana jadinya dunia tanpa Islam? Kurang lebih seperti itulah tulisan yang ada di trailer film itu. Sempat aku berpikir seperti apa wajah dunia saat ini jika agama itu tidak ada. Mungkin saja peristiwa 9/11 tidak akan terjadi. Tapi tak ada jaminan juga bahwa dunia akan lebih baik dari kenyataan sekarang ini. Maksudku, banyak tokoh-tokoh muslim yang berperan dan turut mempengaruhi dunia menjadi lebih baik. Bagaimana jika mereka tidak ada, apakah dunia ini akan jadi seperti ini? Katakanlah di Indonesia sendiri, proklamator kemerdekaan Bung Karno dan Bung Hatta adalah muslim. Aku tak tahu bagaimana jika mereka tidak menganut agama itu, katakanlah jika mereka adalah orang yang tidak percaya kepada Tuhan, apakah Indonesia saat ini akan menjadi negara merdeka? Bagaimanakah wajah negara ini sekarang?

Well, to the point aja, agama apa pun itu, mau X, Y, Z tak dapat dipungkiri bahwa mereka telah berperan serta memberikan kebaikan dan membentuk wajah dunia kita. Dengan berbagai kesedihan yang mewarnai dunia saat ini, bukan agamanya yang salah, melainkan orang-orangnya. Agama hanya menjadi salah satu alat untuk melegalkan kerakusan, ketamakan dan pembenaran diri. Aku percaya tanpa adanya agama orang yang pada dasarnya berniat jahat tetap akan melakukan niat jahatnya itu. Orang yang sudah memiliki niat jahat akan selalu berusaha menggunakan jalan apa pun untuk mncapai tujuannya. Justru, agama berperan membentuk manusia menjadi pribadi yang baik. Adalah pilihan masing-masing orang jika mereka memilih tidak menaklukan diri di bawah kebaikan, tetapi berusaha menggunakan ajaran-ajaran agama sesuai penafsiran mereka sendiri dengan tujuan membenarkan dirinya.

Akhir kata, adalah sangat picik dan berpikiran sempit jika membuang selusin telur hanya karena menemukan sebutir dua butir telur yang kebetulan busuk, tanpa memeriksa keseluruhan telur lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s