Pokemon Go dan lifestyle

Akhir-akhir ini Pokemon Go menjadi game yang fenomenal. Berbagai berita tentang game itu menghiasi Koran hingga berita di TV, mulai dari berita positif sampai juga berita negatif. Pernah juga dalam perjalanan pulang dari kantor aku melirik pengemudi mobil yang berada di sebelahku saat kami berhenti di lampu merah. Ternyata tangannya tak hanya sibuk berada di atas roda kemudi mobilnya, tetapi juga bergerak lincah di layar HP, memainkan Pokemon Go. Sungguh mengerikan sih menurutku kalau sudah nyetir sambil bermain.

Sebuah obrolan singkat dengan teman-teman saat kami kongkow bersama kemarin sedikit banyak membicarakan tentang fenomena Pokemon Go. Apa sih yang dicari dari permainan itu hingga banyak orang yang memainkannya sampai lupa diri? Mencari pokemon sampai ke tempat-tempat yang tidak seharusnya didatangi? Kami berpendapat bahwa prestise lah yang menjadi faktor utama orang memainkan itu. Kekinian, isitilah gaulnya anak muda jaman sekarang. Kalau nggak main itu, rasanya kalah keren. Padahal apa yang didapat dari bermain itu? Nggak ada kan? Mainan itu juga nggak biki tambah kaya. Kecuali kalau ada orang yang mau jualan pokemon, trus ada lagi yang beli nanti. Tapi ya sekali lagi buat apa ngeluarin uang jutaan hanya demi game yang not long last. Toh tanpa game begituan orang juga masih hidup.

Yah, mau nggak mau hal itu sudah menjadi lifestyle masyarakat urban saat ini. Bukan porsiku untuk ngejudge orang yang main, tapi kalau aku pribadi sih, males aja ngikutin hal-hal begituan. Hidupku aku sendiri yang nentuin. Terserah orang mau bilang nggak kekinian dll. Selama aku enjoy dan nggak merugikan orang lain so what? Banyak hal yang lebih penting daripada sekedar main Pokemon Go, misalnya kerja, cari uang, bersosialisasi, nambah teman dll lah.

Singkat kata mainin game itu atau nggak pun itu pilihan. Namun, pilihlah pilihan yang tepat bagi masa depan kita. jangan sampai menyesal aja di kemudian hari…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s