Pelajaran dari promo…

Hari itu teman saya mengatakan bahwa dia mendapatkan SMS yang isinya berupa promo gratisan D* donat sembari menyakan jika saya berminat mengambil kesempatan itu. Promosi itu menyatakan bahwa dengan membeli 6 donat mendapat gratis 6 donat lagi, yang berarti mendapat total 12 buah donat. Sesuai dengan promo tersebut, maka saya mencari tahu harga 6 buah donat terlebih dahulu, harganya sekitar 30 ribuan, cukup murah kalau dihitung dengan harga segitu mendapat 12 buah donat. Lagipula hari itu juga sedang ada acara wisuda teman di kampus. Bayangan saya ada teman-teman lain yang akan datang sehingga donat itu bisa dimakan beramai-ramai.

Alhasil meluncurlah saya untuk menukarkan SMS promo tersebut dengan 12 buah donat. Ternyata sesampainya saya di sana, harga yang dipatok untuk promo tersebut lebih tinggi dari harga yang saya perkirakan, sekitar 50 ribu. Terus terang saya merasa kecewa dengan promosi yang menurut saya tricky tersebut. Namun, apa boleh buat, tentu saya tidak bisa mengembalikan dan terpaksa membeli meskipun dengan agak berat hati. Kekecewaan itu tersu berlanjut tatkala hanya beberapa teman saja yang hadir dalam acara wisuda tersebut, sehingga donat yang saya beli sisa banyak sekali. Yah, anggap saja hari itu saya kurang beruntung.

Namun, pelajaran yang saya dapatkan adalah saya telah terjebak dalam promosi yang agak menyesatkan. Jika dipikir, sebenarnya tidak ada orang yang mau rugi bukan? Promosi apa pun itu, dengan potongan harga dan lain-lain, tentunya telah dibuat sedemikian rupa sehingga pembeli merasa dirinya beruntung, padahal sebenarnya tidak juga. Tentunya pihak penyelenggara telah memastikan bahwa mereka tidak rugi, dan jika mereka tidak rugi, maka kita juga tidak dapat dikatakan untung. Setidaknya itu yang saya dapatkan dari kisah promosi D* donat ini.

Pelajaran untuk selanjutnya dalah lebih berhati-hati dan bijaksana dalam menyikapi promosi, diskon atau apa pun itu. Jika memang tidak butuh, sebaiknya tidak membeli.

Leave a Reply

